PROSEDUR BUKA BLOKIR KARTU ATM BANK BRI

Tidak ada kaitannya dengan Tim PASLON no 2 ya.. 

"PIN yang anda masukan salah" atau "PIN ANDA SALAH" dan tiba-tiba saja kartu ATM tidak bisa keluar "ditelan"  mesin canggih yang sudah biasa digunakan untuk mengambil uang. Hal ini biasa terjadi jika kita selalu menggunakan transaksi menggunakan ATM atau disebut anjungan tunai mandiri.


Begitulah sistem keamanan dari kartu ATM yang biasa kita dapatkan dari Bank, jika kita memasukkan PIN yang salah sampai 3 kali, biasanya kartu ATM akan ditelan mesin ATM hal ini dikhawatirkan jika ATM disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. 

Bagaimana jika hal tersebut terjadi pada kita? pasti kesal banget karena kita harus kembali ke mana bank tempat kita membuka rekening tersebut, dan pasti antrian dari nasabah lain juga tidak bisa dideteksi seberapa ramai nasabah yang mengunjungi bank pada hari tersebut.

Kali ini saya share pengalaman saya, kebetulan kartu ATM ibu saya diamanahkan kepada saya. Saat itu saya ke Bank BRI di Jalan Bilal, dan mesin ATM sedang rusak maka menggunakan mesin DEBIT, tinggal gesek ya!.

"Mbak, silahkan PIN-nya!" perintah mas customer Servis sambil menunjukkan alat gesek atau mesin debit di meja. Saya tanpa melihat tombol pelan-pelan memencet setiap angka. Saya menunggu sejenak sambil mengedarkan pandangan mencari mangkuk permen gratis. 
"Tit, tiiit, tiit!" tiba-tiba mesin berbunyi pelan, namun saat melihat layar mesin, tertera tulisan dalam bahasa Inggris kalau PIN yang saya masukan salah, dan setelah mencoba kedua kali, kartu nya di blokir. 

"Pusing pala berbie!" keluhku. Sang Customer Service tidak bisa menolong banyak karena nama pemilik ATM adalah nama ibu saya. Akhirnya aku pulang kerumah dan meminta ktp ummi (ibuku), aku bergegas  terburu-buru menuju ke BRI daerah asara, karena saat itu juga harus membayar tagihan rumah di Bank BRI. Apalagi ibu L*** sudah menepon ummi berkali-kali. 

Sampainya di Bank BRI cabang Aksara, aku bertemu dengan ibu L*** untuk dibantu dalam urusan membuka blokir ATM-ku. Kebetulan Bu L*** adalah pengawas untuk pembayara tagihan rumah. Aku jelaskan kondisi ibuku yang sedang patah bahu dan tangan beliau dibopong gengan gendongan jadi sulit untuk bergerak bebas ke mana saja. 

"Okey, yuk kita ke CS!" ajak bu L***. Mbak CS sedang tidak melayani nasabah sehingga aku bebas untuk melanjutkan proses buka blokir kartu ATM sedangkan Bu L*** kembali ke lantai 2 melanjutkan pekerjaannya. 

TAHAPAN BUKA BLOKIR KARTU ATM BANK BRI

1. Ambil Nomor antrian di Cutomer service dan saat udah berbicara dengan customer Servis, mintalah Form PERMOHONAN PENAMBAHAN DAN PENGURANGAN FASILITAS dengan sopan dan ceritakan kronologis bagaimana PIN ATM Terblokir. Kamu akan diberikan Fomulir berikut. 


2. Setelah mendapatkan form tadi, makan kamu akan diberikan selembar kertas "slip setor uang tunai dengan keterangan "Uang Admin untuk buka blokir ATM"  sebesar Rp. 5.000-,, segera setorkan uang tersebut pada teller atau pada customer service. 
Slip Setor Tunai untuk membayar uang administrasi 
3. Isi formulir tadi dengan benar. Perlu diingat yang mengisi formulir tersebut adalah pemilik kartu ATM tersebut. 
Sebelum mengisi bacalah terlebih dahulu bagian "Pernyataan Nasabah" di bagian belakang formulir, karena apa yang tertulis pada bagian pernyataan nasabah artinya disetujui jika sudah ditandatangani.


Bagian Pernyataan Nasabah yang amat panjang dan lebih banyak keuntungan si Bank (di setiap bank memang begitu)

Bagian Bawah point Pernyataan Nasabah

Data yang harus di isi sebelum buka blokir atm (bagian depan)

Detail data yang harus diisi pemohon (bagian depan)
4. Siapkan sebuah materai Rp. 6000,- (jika diperlukan) serahkan kembali berkas  kepada customer service dan tidak menunggu lama untuk mengecek data, Customer Service meminta kartu ATM dan meminta untuk memasukkan PIN setelah kartu aktif. 
Tanda tangan pemilik kartu ATM (Ibu Saya)

Setelah berkas diberikan pada Customer service  maka Customer Service yang akan melanjutkan proses buka blokir untuk ATM dan akan menge 


Semoga informasi ini berguna dan semua golongan bisa memahaminya. 

Terima Kasih sudah membaca huruf demi Huruf yah guys!
Big Love ❤❤❤



Kamsahamnida , Sarang Haeyo 💓💓

#Blog 28|  | True Story of My Life |#medan #bloggersumut #sumaterautara 

. 

Posting Komentar

22 Komentar

  1. Dulu pernah buka juga zik, tapi dari mandiri.

    Prosedurnya mirip2 juga.
    Tapi bank bri gak minta surat Kuasa ya, meskipun punya ummi nya zikri yang punya.
    kadang kan, bank gak mau tau.
    Kalo gak orangnya, harus pake surat Kuasa cap materai

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena kenal ibuk L*** makanya bisa kak,, kalau tidak pasti gak bisa juga hhahaha

      Hapus
  2. pernah juga atm ketelan di bank danamon, punya emak awak jugak. trus emak awak tak ajak ke banknya. cukup tanda tangan di buku panjangnya dan potokopi ktp yang dikopiin sama petugas bank, udah selesai prosedurnya.

    stt.. zik.. entah kenapa bank BRI ini banyak kali potongannya.... hiks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih mudah ya, gak ribet. Potongan memang banyak, makanya agak agak lah kita kak huhuh

      Hapus
  3. Alhamdulillah belom pernah kejadian kayak kakak, tapi bisa jadi pengalaman dan informasi bagi kita yang belum pernah mengalami, tapi Bank BRI ini sepertinya prosedur buka blokirnya agak lama ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya karena ada kenalan makanya bisa begitu, kalau gak pasti lebih ribet dan lama.. huhuhu

      Hapus
  4. Pernah juga waktu itu lupa pin atm bsm, gak ribet juga waktu itu untuk buka blokirnya, tinggal ke cs aja dan alhamdulillah gak byk antriannya, jadi gak begitu lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih enak kak, ni lupa pin dan gak bawa handphone hahaha kan mesti pulang lagi kerumah haha

      Hapus
  5. Sharing yang sangat bermanfaat kak, terutama utk kita sesama pengguna BRI xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sesama Rakyat Indonesia mesti kompak hahaha

      Hapus
  6. Belum pernah terblokir Karna salah PIN, tapi kartunya ketinggalan di mesin ATM, lupa ngambilnya, jadi tertelan deh. Prosedur pengurusannya sama juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kaka, agak ribet dan prosedurnya banyak, mungkin supaya tidak ada penyalahgunaan juga ya

      Hapus
  7. huh... dulu pernah juga atm hilang... tapi pas lapor kalo atm ilang harus di minta surat keterangan dari polisi. yauda karena males ngurus gituan aku datang besok nya dan bilang kalo ATM nya tertelan dan mereka percaya akhir ngurusnya pun gampang hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ish eyke gak pande puak acting begitu hahaha apa adanya ajalah haahha
      pas pulak ada yg dikenal ya manfaatin saja

      Hapus
  8. Good info,, Mudah-mudahan gada masalah kartu ATM ku haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan kak, ribet lah,, cukup kartu kredit aja yang banyak masalah
      hahaha

      Hapus
  9. Makasih sharingnya kk.. walaupun untuk sekarang kami gak lagi pake bank tsb. hehehe...

    BalasHapus
  10. Informasinya bagus kak. Mana tau aku kena kasus seperti di atas, jadi lebih oaham deh. Tapi memang daribpada ribet, lebih baik datang langsung ke bank ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dan manusia empunya rekening nya langsuung, kalau pake surat kuasa juga ndak bisa..

      Hapus