KISAH DIBALIK PENULISAN CERPEN ANGKLUNG DAN TRAGEDI YOGYA PLAZA, KLENDER




Bulan Januari tepatnya tanggal 22 Februari, saya menerima sebuah email tentang sebuah perlombaan dari event hunter. Awalnya saya sempat berfikir untuk tidak mengikuti lomba itu, namun semakin banyak hari berlalu fikiran saya masih terpaut pada lomba itu. Iming-iming hadiah perjalanan Korea membuat semakin penasaran. Akhirnya saya mendaftarkan diri dan membayar sesuai yang ditentukan panitia. Meski 2 minggu sebelum pengiriman dokumen saya terserang demam panas namun akhirnya tulisan ini bisa menjadi finalis 100 besar alhamdulillah.  

Cerita ini disadur dari kisah nyata Tragedi Yogya Plaza di Klender, Jakarta Timur yang terjadi pada Bulan Mei tahun 1998 bersamaan dengan tragedi demonstrasi mahasiswa Trisakti yang banyak memakan korban. Sejak akhir Januari saya mencari-cari konsep dan  ide untuk memunculkan cerita dan tokoh baru yang tepat dan juga mencari ide tentang objek yang tepat yang bisa menunjukkan ciri Indonesia. Alhamdulillah dalam keadaan sakit demam panas akhirnya karya ini saya selesaikan dengan baik dan hampir melewati batas tenggang waktu pemgiriman Karya. Karya ini saya saya kirim melaui email yang ditentukan dan menjadi finalis 100 besar Lomba Cerpen Nasional 2019 (LCN 2019)  dapat dilihat di Pengumuman Finalis LCN 2019.

Sumber cerita dapat teman-teman baca dibawah ini, dan tragedi Yogya Plaza Klender banyak tersebar di media namun tidak diketahui pasti siapa dan apa motif pelaku membakar Yogya Plaza hingga menewaskan beratu-ratus korban yang terkurung didalam Yogya Plaza.

Sumber Media : 
9

   Selain dari kisah nyata tentang Tragedi Yogya Plaza Klender, saya juga mencari tahu tentang seniman Angklung yang ada di jakarta dan sekitarnya juga pemain angklung yang menetap diluar negeri. Siapa dan dimana beliau. 
    Saya search di Internet dan menemukan banyak review dari masayarakat tentang Saung Udjo untuk menambah tokoh dalam cerita pendek saya. 
    Saung Udjo adalah salah satu tempat bermain anklung di  daerah Bandung dimana banyak turis mancanegara jauh-jauh datang ke Bandung untuk mendengar musik Angklung dan belajar Angklung disana.Informasi lain tentang Saung Udjo:


   Alhamdulillah saya juga menemukan artikel dan video tentang sosok Pak Ferry yang masih melestarikan musik Angklung meski berada di Australia. Beliau juga membuat web khusus  ADELINDO.COM untuk group Angklung yang didirikan.Berikut referensi web untuk menjadi sumber data dan informasi :

1    https://www.facebook.com/pg/Adelindo-Angklung-298290820273241/photos/?ref=page_internal

Terima Kasih sudah membaca huruf demi Huruf yah guys!
Big Love ❤❤❤



Kamsahamnida , Sarang Haeyo 💓💓

#Blog 27|  | True Story of My Life | 

s







Posting Komentar

4 Komentar

  1. Balasan
    1. menang finalis 100 aja bang ... ada yg lebih baik dari saya

      Hapus
  2. Ceritanya bagus kak, saya pernah nih ke lokasi kebakaran plaza klender nih dan memang horor banget , kata orang terdengar suara teriakan gitu padahal sudah sebulan terbakar

    BalasHapus
    Balasan
    1. horor nya hahaha baca di semua artikel memang begitu katanya ya kak..

      Hapus