MIE BALAP MEDAN PAK ABIE


Mie Tiaw Balap Abie 
Hai..hai..
Selamat PAGIIIIIIIIIH!! 😋😋😋.
(agak panjang biar semangat kita bacanya ya guys!!)

Sebelum masuk ke inti cerita, bagi teman-teman yang sudah punya youtube boleh gitu klik tulisan disebelah ini, #VLOG01 MIE BALAP PAK ABIE klik Like dan Subscribe saya ya biar kamu update terus dengan video saya dan  nanti saya subscribe kembali, mumpung saya masih dikit subscriber ntar kalau dah banyak saya takut gak sempat subscribe kamu.. hihi, dan klik juga simbol lonceng  dibawahnya, agar getaran loncengku selalu berdentang di hatimu eh, dinotifikasi kamyuuu.. 😍😍😍.

Baiklah, kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman menyantap mie kwetiaw balap terenak, terdashyat, termantap, terlemak di .......... lidah saya.. hahaha 😤😤.
(lidah kita berbeda enzim jadi enak dikamu belum tentu enak di saya ya!😎😎.

Jelas ya!, kalau kita makan itu kita harus jujur yah, tidak ada bumbu-bumbu tambahan micin, merica, ketumbar dan lain-lain. Harus Jujur guys!!! Jujur !! 😇😇.

Sebelum semuanya daku lanjutkan, yuk!, kita cerita sedikit asal muasal mie balap dimedan, sudah tau dong mie itu adalah makanan yang dibuat dari tepung dan berbentuk seperti lidi, ada yang lurus ada yang keriting dan ada yang bergelombang, sedangkan balap sendiri diambil dari kata lain cepat jadi kalau dimedan melihat sesuatu yang dikerjakan dengan tangkas dan cepat, dikatakan dengan istilah "balap". Nah, untuk mie balap sendiri bisa dikatakan mie yang dimasak dengan waktu yang amat sangat cepat, no bumbu aneh-aneh dan bumbu yang seabreg-abreg. Cukup sekali tumis langsung dicemplungin deh mie-nya. Oh, ya!, mie yang digunakan biasanya mie bihun, mie kwetiaw dan mie kuning. Setelah ini akan kita bahas satu persatu tentang  beberap jenis mie yang biasa digunakan untuk mie Balap Medan, mungkin saja diantara kalian belum ada yang tahu jenis-jenis mie ini, maka hamba jelaskan dengan singkat dan lengkap dengan bahasa chinanya,  hahahha... 😚😚😚.

Mie BI HUN Cap Dua Muzair 
Foto ini saya ambil dari sini guys Bi Hun Cap Ikan 2, dan untuk pengetahuan teman-teman ya  didalam bahasa Inggris bi hun disebut rice vermicelli atau rice noodles atau rice sticks. Bihun berasal dari bahasa Tionghoa, yaitu “Bi” artinya beras dan “hun” artinya tepung. Bahan baku bihun sendiri terbuat dari tepung beras. Biasanya bi hun sering dimasak sebagai bahan utama mi goreng kering atau basah, mie bakso, mi sop, mie soto dan lain-lain. Seriusan ane ngiler karena nyebutin nama-nama makanan tadi, hahaha.. 😋😋.

Mie KWETIAW
 Nah, kalau yang ini pula disebut sebagai Mi Kwetiaw guys!. Foto saya ambil dari Tokopedia penjual mi Gedung Panjang. Mie  Kwetiau (Hanzi: 粿條, hanyu pinyin: guotiao, juga disebut 沙河粉, shā hé fěn) adalah sejenis mi Tionghoa berwarna putih yang terbuat dari beras. Jika digoreng disebut kwetiau goreng. Mi Kwetiaw juga menjadi bahan utama masakan china dan semuanya enak-enak, contohnya kwetiaw kuah yang dominan kuahnya menggunakan campuran maizena sedangkan kwetiaw goreng sudah biasa ya. Paling enak mi kwetiaw gratis 😄😄.


Mie KUNING 
Kali ini masuk ke jenis mie yang memang saya favoritkan, hahaha,, 😝😝
Yaitu Mie Kuning... mie yang sedap dan kalau dimasak sekilo  bisa dimakan rame-rame meski dalam keadaan bokek. (curhatan mantan anak kos) 😝😝😝.

Foto saya ambil dari media sosialnya pabrik pembuat mi ini yaitu pabrik Ikan terbangMie kuning terbuat dari tepung terigu berprotein dan untuk menambah warna kuning biasanya pengrajin mie menambahkan sedikit pewarna makanan berwarna kuning atau sari kunyit. Mie kuning akan  dibuat dengan cara dipukul-pukul dan dipisah-pisahkan membentuk helaian mie. Mie kuning yang biasa ditemui  di pajak (pasar) berbentuk keriting atau bergelombang. Di Indonesia, mie kuning biasanya  dijual mentah.

Baiklah, kembali ke topik kita, kali ini warung mie balap yang saya kunjungi adalah merupakan milik pak abie. Beliau bersama istrinya setiap hari berjualan mie balap.  Pak Abie ramah dan murah senyum sedangkan istri beliau sedikit pendiam tapi murah senyum. Warung ini alhamdulillah akan berumur 1 tahun, nanti pada tanggal 1 Januari 2019. Luar biasa sekali, mudah-mudahan Pak Abie konsisten dengan rasa dan harganya. 

Biasanya mie balap ini cepat sekali habis, apalagi dihari kerja, hal ini  dikarenakan lokasi warung pak abie yang sangat strategis yaitu dipinggir jalan lintasan para pekerja, anak sekolah dan warga. Secara tepatnya berada didepan kantorDewan Pimpinan Cabang Persatuan Wanita Kristen Indonesia dan dekat dengan KODIM Medan.

Pak Abie dan bu Abie

Mie balap ini berbeda dari mie balap lainnya, mie balap ini dimasak bukan menggunakan kompor sumbu atau kompor gas melainkan dimasak menggunakan api dari kayu bakar guys!. Kayu yang dibakar menghasilkan api yang mengeluarkan asap cukup banyak, kadang sampai menutup pandangan kami yang melewati jalan itu,  setiap hari senin, saya pasti akan ditampar oleh asap yang bergentayangan ini, karena sepulangnya dari mengantar adik yang mengajar dikawasan Medan Sunggal saya pasti pulang melewati warung Pak Abie. 

Setelah ditampar asap berkali-kali akhirnya saya terhipnotis juga, dan meskipun saya bukanlah orang mewajibkan sarapan tapi kalau setiap senin pagi ditampar asap mie balap yang wangi ini saya tidak bisa menahan perut saya guys! wakkkakaka 😝😝😝. saya makhluk biasa yang bisa tergoda juga. 😔😔.

Bisa dilihat guys asapnya, ini sedang tidak memasak saja asapnya rame ! 😵

Nah, sedikit sharing dengan Pak Abie, beliau membocorkan rahasia bumbu mie balap ini ada pada teknik memasaknya. Menurut beliau untuk memasak mie balap tidak membutuhkan bawang merah, guys!. Saya amat terkejut karena selama ini saya fikir bawang merah adalah penyedap segala bumbu dan masakan, apalagi bawang merah sangat mahal, jadi membuat saya berfikir-fikir apa untungnya jika menjual mie balap dengan harga murah tapi bumbu dasarnya mahal. Ternyata Hayati salah selama ini. (sambil manggut-manggut megang dagu).

Lagi-lagi guys, untuk memasak mie goreng itu juga ada teknik khusus agar lebih wangi, yaitu sebelum menumis bumbu utama, beliau akan menumis dahulu beberapa butir bawang putih yang sudah digeprek sampai minyak tersbut harum lalu setelah itu barulah dimasukan bumbu utamanya. Pak Abie juga tidak pelit berbagi resep andalan beliau, padahal menurut saya itu adalah rahasia perusahaan ya. Setelah ini akan saya bagikan resep tersebut tapi monggo bagi yang mau lihat vlog saya diwarung Pak Abie cus langsung aja klik tulisan biru setelah ini :jangan lupa subscribe dan like ya guys!, Mie Balap Pak Abie Gaperta Ujung.

Hampir lupa, berikut ini adalah bahan-bahan bumbu utama dari Mie Balap Pak Abie :
1. Kacang tanah di sangrai
2. Bawang Putih di geprek
3. Udang ebi di sangrai
4. Cabe rawit segar
5. udang basah 

Cara buat bumbu : Semua bahan diblender atau digiling sampai halus, dan tumislah bumbu setelah menumis bawang putih bulat yang digeprek. 

Bahan-bahan lain tidak perlu saya tulis ya guys!.Cari di google cara masak mie balap yang mantaf. Kreasi masing-masing atau boleh dicari di Google yah!, untuk informasi teman-teman sekalian kalau di warung Mie Balap ini hanya menyediakan 2 jenis mie saja yaitu mi bi hun dan mi kwetiaw namun saya lebih memilih mi kwetiaw daripada mi bihun karena mi kwetiaw lebih kenyal, aww saya suka yang kenyal karena memberi sensasi berbeda saat dikunyah. 😎😎

Harga dari mie Balap ini sendiri bervariasi, untuk 1 porsi biasa hanya cukup membayar Rp. 5.000,- saja, lain halnya jika anda ingin menambah rasa dengan tambahan seafood maka harga 1 porsi adalah Rp. 10.000,-, sedangkan bagi teman-teman yang ingin menambahkan sepotong telur dadar maka harga yang dibayarkan adalah Rp. 8.000,-. Cukup murah bukan ?, dan dengan harga semurah itu teman-teman gratis minum air putih sepuas-puasnya tapi minum ditempat bukan diisi kedalam botol atau tupperware kalian guys, mohon anda tau diri! 😝😝. 

Sepiring Mie Balap dan seceret air minum untuk anda nikmati plus 1 pasang sumpit

Warung Mie Balap Pak Abie, juga menyediakan berbagai minuman panas guys dari minuman kopi hitam, kopi susu,cappucino, kopi luwak,  teh manis panas, teh tawar panas, teh susu, dan air putih hangat. Harga untuk minuman ini juga masih dibawah harga Rp. 10.000,- tidak ada yang mahal diwarung mie Balap ini, bahkan yang gratis juga ada guys!, yaitu air putih dan disediakan dalam ceret diatas  meja yang disediakan. 
Daftar minuman di warung Mie Balap Pak Abie


Jam buka warung mie Balap Pak Abie dari jam 07.00 am sampai jam 12.00 pm. Bagi teman-teman yang mau datang atau mau memesan dalam partai besar, cus!! hubungi nomor beliau ya guys!! 😚😚

Bagi teman-teman pecinta bandrek, dimalam hari warung mie Balap Pak Abie disulap menjadi warung Bandrek Tito dan menunya bisa anda lihat sendiri pada gambar diatas, mungkin jika ada kelapangan waktu saya akan mampir. Bagi yang mau traktirin saya juga boleh kok pergi bareng saya, cukup komen niat dan ketulusan anda.. saya akan tunggu anda menjemput saya. Wakakak ( kemana arah tulisan ini?).

Baiklah guys, terima kasih sudah membaca sampai baris ini, i say thank u and i give you big love untuk kesetiaanmu  menatap huruf demi huruf yang kutulis. cie..cie.. jangan baper 😤😤



Assalamualaikum dan sampai jumpa di cerita zikria famouszya selanjutnya.


#Blog 15| Alamat : Jalan Gaperta Ujung, Depan Kantor Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Wanita Kristen Indonesia | Jam Buka : 07.00 am - 12.00 pm |Hp : 0812-6099-9663 (Pak Abie)

Posting Komentar

0 Komentar